Minggu, 04 April 2021

DIGITAL MARKETING

 

DIGITAL MARKETING

https://www.duniakampus40.net

Seiring perkembangannya jaman peran internet dan digital telah mengubah dunia digital sehingga peluang pemilik bisnis bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen supaya dapat memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha,yang menjadi salah satu metode marketing yang menggunakan digital.Harus menguasai dunia teknologi,bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi

Data pada Januari 2019 :

*      Populasi di Indonesia => 268,2 juta

*      Penetrasi penggunaan internet => 150,0 juta

*      Aktif menggunakan sosial media => 150,0 juta

*      Menggunakan sosial media dengan mobile phone => 130,0 juta

Dapat diliat dari data di atas banyak orang yang menggunakan sosial media sehingga pemasar menggunakan smartphonenya menjadi strategi pemasaran karena banyak konsumen menggunakan aktif menggunakan sosial media dalam smartphonenya

Data pada Januari 2020 :

*      Populasi di Indonesia bertambah 1,1% => 2,9 juta

*      Pertumbuhan penggunaan mobile phone => 15 juta

*      Penggunaan internet bertambah 17 % => 25 juta

*      Aktif menggunakan sosial media + 8,1 % => 12 juta

Menjadi peluang bagi para enterpreneur menjadi pola baru dalam konsumen supaya bisa mempertimbangkan media digital sebagai media pemasaran yang tidak memperhatikan billboard yang ada di jalan,atau brosur dengan baik karena tidak efisien.

Kebanyakan orang menggunakan internet/hari bisa mencapai 8 jam 36 menit sehingga bisa menjadi peluang bagi enterpreneur untuk menggunakan media digital sebagai media pemasaran.Menggunakan sosial media bisa mencapai 3 jam 26 menit sehingga media digital menjadi kebutuhan utama dalam global bagi seluruh konsumen yang ada.

Kegiatan promosi sebuah bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan bisnis atau yang belum paham ilmu dan tekniknya. Daripada membuang waktu untuk mempelajari segala sesuatunya sendiri, yang pasti menghabiskan energi, tenaga, waktu, dan juga biaya, mending serahkan saja pelaksanaan kegiatan promosi pada penyedia jasa digital marketing. 88% orang menganggap ulasan online sebagai bagian penting sebelum melakukan untuk membeli produk tersebut. 23 % orang akan tertarik dengan bisnis anda setelah melihat ulasan online yang baik

Digital marketing,bagimana cara kita merancang sebuah rencana strategi agar usaha kita menjadi berkembang dan produk lebih di kenal,untuk itu ada beberapa konsep untuk diterapkan :

v  Situation analysis “where are we know”

à Goal perfomances (5S) sell = mencatat tingkat penjualan seperti apa serve = layanan terhadap konsumen speak = membangun komunikasi produk yang kita punya kepada konsumen save = efisien dalam hal cost sizzel = produk atau layanan bagi para konsumen dalam media digital atas layanan kita menjadi lebih totalitas

à Customer insight bisa melihat pandangan konsumen terhadap usaha kita

à E – marketplace SWOT mempunyai peluang/ancaman sehingga bisa menjadi evaluasi

 

v  Objectives / tujuan “where went to be”

à Sell,Serve,Speak,Save,Sizzle

v  Strategy cara mencapai tujuan tersebut

Ø  Menyusun segmenting,targeting,positioning

Ø  Online value proposition mengunggulkan value usaha kita dengan yang lain

Ø  Meningkatkan kredibilitas melalui media digital dengan mendeskripsikan produk yang jelas,mereview produk dan layanan

Ø  Tools  apa yang akan digunakan dalam pemasaran produk,tools yang seperti apa (email,web,etc)

v  Tactics = cara yang generik untuk memulai nya atau mencapai tujuan

Ø  Media platform

Ø  Penjadwalan posting

Ø  Launching produk

Ø  Penjadwalan yang terkait dengan sebuah e-marketing

v  Actions

Ø  Adsense melalui facebook,instagram

Ø  Strategi hastag

v  Control,perlu menyusun indikator yang cukup untuk memenuhi target atau tujuan yang diinginkan

Ø  Sudahkan 5S tersebut bisa tepat dan sesuai dengan ekspektasi kita

Ø  Perkembangan dalam usaha yang kita jalankan

Ø  Peningkatan jumlah pembelian dengan strategi yang kita susu.

1. Mempunyai Target Market dan Produk
Hal dasar yang paling diutamakan adalah memilih dulu siapa market atau customer anda. Baru kemudian mempelajari apakah produk anda tepat menjadi solusi untuk customer.

Sebagai contoh kami memilih market para pelaku bisnis dan usaha, laki-laki dan perempuan di usia 20-40 an. Produk kami adalah digital marketing.

Contoh lain, market anda para pemilik mobil yang punya masalah mobilnya bau tidak sedap, sehingga anda menyiapkan produk penetral bau mobil yang sangat ampuh.

Saya punya pengalaman mudah pusing dan mabuk dengan bau mobil yang aneh, inilah kenapa saya memberikan contoh tersebut. Sebisa mungkin cari dulu masalahnya kemudian produk atau jasa anda adalah solusinya.

2. Pilih Produk yang Terbaik yang Memberikan Solusi yang Terbaik
Carilah produk atau jasa yang bisa memberikan solusi yang terbaik. Banyak contoh pengusaha clothing yang gagal karena berpikir tentang produknya yang sangat bagus, bahannya bagus, desain nya bagus dll tidak memikirkan solusi apa yang akan diberikan dari produknya.

Bro.do mengapa sukses? karena mereka hadir memberikan solusi sebagai produk lokal dengan kualitas internasional, dimana saat itu orang sulit mencari brand lokal yang berkualitas. Produknya hanya sepatu dengan desain yang biasa, namun itu tadi mengapa Bro.do bisa sukses karena berawal dari memberikan solusi.

3. Membangun Website Pribadi
setelah dua hal diatas anda temukan, segera buat website pribadi untuk usaha anda. Stop berpikir menumpang di marketplace atau sebagainya. Karena website sejatinya adalah toko anda yang ada di internet.

Dengan punya toko (website) sendiri anda akan lebih semangat mendesain, mengisi konten, hingga mengiklankan website Anda tanpa terlalu memikirkan kompetitor.

Kami bisa membantu membuat website dari awal hingga beres jadi dengan berbagai benefit, kunjungi jasa pembuatan website


4. Membangun Sosial Media

Ada Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn silahkan pilih minimal 2, lebih baik jika semua. Tapi kami sarankan 2 saja dan bisa serius membuat hingga mengisi konten sosial media anda.

Bagi sebagian pemula cukup sulit mengelola sosial media, ada opsi anda bisa merekrut staff atau pelan-pelan tapi pasti mengisi content dengan rutin.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads
Pada tahap inilah anda sudah mulai menggunakan modal, tapi kami menyarankan anda agar hati-hati menggunakan dana. Karena banyak sekali yang rugi karena kurang pemahaman beriklan digital

SEO (Search Engine Optimization sudah pasti harus dilakukan untuk website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. Sebaiknya anda cari jasa SEO karena akan sangat rumit jika harus belajar sendiri.

SEM (Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads adalah cara paling cepat mendapatkan visitor dan calon customer produk atau jasa anda.

Social media campaign, seperti iklan Facebook ads, Instagram ads, dan endorse. Sebelum menggunakan campaign ini anda harus menyiapkan content creative sesuai dengan standar kualitas iklan facebook dan instagram. Jangan sampai iklan sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang berkualitas.

 

Langkah Cara Memulai Digital Marketing

1.    Membuat website dengan konsep dan desain yang tepat

2.    Mebuat content website yang sesuai dengan target marketing

3.    Membangun aset sosial media

4.    Membuat content marketing untuk website dan sosial media

5.    Menerapkan SEO untuk website

6.    Menggunakan iklan Google atau Facebook

7.    Membangun aset video content seperti Youtube

8.    Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktekan

Tidak ada komentar:

Mengais Rupiah di Blog ala Mahasiswa

  Mengais Rupiah di Blog ala Mahasiswa Oleh SAUNG BLOGGER KAMPUS    Mei 21, 2021    Posting Komentar Sobat  saung blogger kampus , saat ini ...