DIGITAL MARKETING
https://www.duniakampus40.net
Seiring perkembangannya
jaman peran internet dan digital telah mengubah dunia digital sehingga peluang
pemilik bisnis bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen supaya dapat
memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha,yang menjadi salah satu
metode marketing yang menggunakan digital.Harus menguasai dunia teknologi,bisa
beradaptasi dengan perubahan yang terjadi
Data pada Januari 2019 :
Populasi di Indonesia => 268,2 juta
Penetrasi penggunaan
internet => 150,0 juta
Aktif menggunakan sosial
media => 150,0 juta
Menggunakan sosial media
dengan mobile phone => 130,0 juta
Dapat diliat dari data di
atas banyak orang yang menggunakan sosial media sehingga pemasar menggunakan smartphonenya
menjadi strategi pemasaran karena banyak konsumen menggunakan aktif menggunakan
sosial media dalam smartphonenya
Data pada Januari 2020 :
Populasi di Indonesia
bertambah 1,1% => 2,9 juta
Pertumbuhan penggunaan
mobile phone => 15 juta
Penggunaan internet
bertambah 17 % => 25 juta
Aktif menggunakan sosial
media + 8,1 % => 12 juta
Menjadi peluang bagi para
enterpreneur menjadi pola baru dalam konsumen supaya bisa mempertimbangkan
media digital sebagai media pemasaran yang tidak memperhatikan billboard yang
ada di jalan,atau brosur dengan baik karena tidak efisien.
Kebanyakan orang
menggunakan internet/hari bisa mencapai 8 jam 36 menit sehingga bisa menjadi
peluang bagi enterpreneur untuk menggunakan media digital sebagai media
pemasaran.Menggunakan sosial media bisa mencapai 3 jam 26 menit sehingga media
digital menjadi kebutuhan utama dalam global bagi seluruh konsumen yang ada.
Kegiatan promosi sebuah bisnis tidaklah mudah,
apalagi bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan bisnis atau yang
belum paham ilmu dan tekniknya. Daripada membuang waktu untuk mempelajari
segala sesuatunya sendiri, yang pasti menghabiskan energi, tenaga, waktu, dan
juga biaya, mending serahkan saja pelaksanaan kegiatan promosi pada penyedia
jasa digital marketing. 88% orang menganggap ulasan online sebagai bagian
penting sebelum melakukan untuk membeli produk tersebut. 23 % orang akan
tertarik dengan bisnis anda setelah melihat ulasan online yang baik
Digital marketing,bagimana
cara kita merancang sebuah rencana strategi agar usaha kita menjadi berkembang
dan produk lebih di kenal,untuk itu ada beberapa konsep untuk diterapkan :
v Situation analysis “where
are we know”
à Goal perfomances (5S) sell
= mencatat tingkat penjualan seperti apa serve = layanan terhadap konsumen speak
= membangun komunikasi produk yang kita punya kepada konsumen save
= efisien dalam hal cost sizzel = produk atau layanan bagi para
konsumen dalam media digital atas layanan kita menjadi lebih totalitas
à Customer insight bisa
melihat pandangan konsumen terhadap usaha kita
à E – marketplace SWOT
mempunyai peluang/ancaman sehingga bisa menjadi evaluasi
v Objectives / tujuan “where
went to be”
à Sell,Serve,Speak,Save,Sizzle
v Strategy cara mencapai
tujuan tersebut
Ø Menyusun
segmenting,targeting,positioning
Ø Online value proposition
mengunggulkan value usaha kita dengan yang lain
Ø Meningkatkan kredibilitas
melalui media digital dengan mendeskripsikan produk yang jelas,mereview produk
dan layanan
Ø Tools apa yang akan digunakan dalam pemasaran
produk,tools yang seperti apa (email,web,etc)
v Tactics = cara yang
generik untuk memulai nya atau mencapai tujuan
Ø Media platform
Ø Penjadwalan posting
Ø Launching produk
Ø Penjadwalan yang terkait
dengan sebuah e-marketing
v Actions
Ø Adsense melalui
facebook,instagram
Ø Strategi hastag
v Control,perlu menyusun
indikator yang cukup untuk memenuhi target atau tujuan yang diinginkan
Ø Sudahkan 5S tersebut bisa
tepat dan sesuai dengan ekspektasi kita
Ø Perkembangan dalam usaha
yang kita jalankan
Ø Peningkatan jumlah
pembelian dengan strategi yang kita susu.
1. Mempunyai Target Market dan Produk
Hal dasar yang paling
diutamakan adalah memilih dulu siapa market atau customer anda. Baru kemudian
mempelajari apakah produk anda tepat menjadi solusi untuk customer.
Sebagai
contoh kami memilih market para pelaku bisnis dan usaha, laki-laki dan
perempuan di usia 20-40 an. Produk kami adalah digital marketing.
Contoh
lain, market anda para pemilik mobil yang punya masalah mobilnya bau tidak
sedap, sehingga anda menyiapkan produk penetral bau mobil yang sangat ampuh.
Saya
punya pengalaman mudah pusing dan mabuk dengan bau mobil yang aneh, inilah
kenapa saya memberikan contoh tersebut. Sebisa mungkin cari dulu masalahnya
kemudian produk atau jasa anda adalah solusinya.
2. Pilih Produk yang Terbaik yang Memberikan
Solusi yang Terbaik
Carilah produk atau jasa yang bisa memberikan solusi yang
terbaik. Banyak contoh pengusaha clothing yang gagal karena berpikir tentang
produknya yang sangat bagus, bahannya bagus, desain nya bagus dll tidak
memikirkan solusi apa yang akan diberikan dari produknya.
Bro.do
mengapa sukses? karena mereka hadir memberikan solusi sebagai produk lokal
dengan kualitas internasional, dimana saat itu orang sulit mencari brand lokal
yang berkualitas. Produknya hanya sepatu dengan desain yang biasa, namun itu
tadi mengapa Bro.do bisa sukses karena berawal dari memberikan solusi.
3. Membangun Website Pribadi
setelah dua hal diatas anda temukan, segera buat website pribadi untuk usaha
anda. Stop berpikir menumpang di marketplace atau sebagainya. Karena website
sejatinya adalah toko anda yang ada di internet.
Dengan
punya toko (website) sendiri anda akan lebih semangat mendesain, mengisi
konten, hingga mengiklankan website Anda tanpa terlalu memikirkan kompetitor.
Kami
bisa membantu membuat website dari awal hingga beres jadi dengan berbagai
benefit, kunjungi jasa pembuatan website
4. Membangun
Sosial Media
Ada Facebook, Instagram,
Twitter, dan LinkedIn silahkan pilih minimal 2, lebih baik jika semua. Tapi
kami sarankan 2 saja dan bisa serius membuat hingga mengisi konten sosial media
anda.
Bagi
sebagian pemula cukup sulit mengelola sosial media, ada opsi anda bisa merekrut
staff atau pelan-pelan tapi pasti mengisi content dengan rutin.
5. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads
Pada tahap inilah anda sudah
mulai menggunakan modal, tapi kami menyarankan anda agar hati-hati menggunakan
dana. Karena banyak sekali yang rugi karena kurang pemahaman beriklan digital
SEO (Search Engine Optimization sudah pasti harus dilakukan untuk
website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. Sebaiknya anda cari jasa
SEO karena akan sangat rumit jika harus belajar sendiri.
SEM (Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads
adalah cara paling cepat mendapatkan visitor dan calon customer produk atau
jasa anda.
Social media campaign, seperti iklan Facebook ads, Instagram
ads, dan endorse. Sebelum menggunakan campaign ini anda harus menyiapkan content creative sesuai
dengan standar kualitas iklan facebook dan instagram. Jangan sampai iklan
sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang berkualitas.
Langkah Cara Memulai
Digital Marketing
1. Membuat website dengan konsep dan desain yang
tepat
2. Mebuat content website yang sesuai dengan
target marketing
3. Membangun aset sosial media
4. Membuat content marketing untuk website dan
sosial media
5. Menerapkan SEO untuk website
6. Menggunakan iklan Google atau Facebook
7. Membangun aset video content seperti Youtube
8. Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktekan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar